Diterima Menjadi Alat Pembayaran Yang Sah, Bitcoin cs Justru Turun Drastis

El Salvador merupakan negara yang pertama kali menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Menurut beberapa informasi juga, bitcoin mulai dipakai oleh masyarakat El Salvador. Hal ini tentunya dinilai cukup beresiko mengingat bitcoin sendiri merupakan mata uang digital yang harganya sering melonjak turun dan naik atau tidak stabil.

Terhitung sejak hari Selasa, tanggal 7 September 2021 bitcoin mulai diterima dan mulai dipergunakan di negara tersebut.

Bahkan jutaan warga El Salvador langsung berbondong-bondong untuk mendowload aplikasi dompet digital guna untuk memakai bitcoin sebagai alat pembayaran.

Sangat Menyambut Bitcoin
Seorang pengemudi taxi yang berumur 25 tahun, Daniel Hercules, mengatakan sangat setuju dengan kebijakan pemerintahnya.

Pengemudi tersebut juga mengaku telah menerima pembayaran bitcoin dari beberapa pekan yang lalu, namun dia juga mengatakan bahwa cemas terhadap hal ini mengingat bitcoin merupakan mata uang yang belum stabil.

“Saya telah menggunakan Bitcoin sekitar satu bulan. Ada seorang perempuan yang membayar saya dengan Bitcoin seharga US$40 ketika menjemputnya ke bandara, namun ini masih belum begitu sering. Terhitung sejak hari itu, sekitar 10% penumpang saja yang memilih membayar menggunakan Bitcoin.”

Jatuh bangun Bitcoin
Bitcoin tahun lalu menurun secara dratis dan membuat sebagian orang kehilangan aset yang dimiliki.
Namun pada awal agustus bitcoin sendiri juga mulai mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu. Ketika bitcoin mulai menuju Rp800jr, dan El Salvador mulai ingin menggunakan mata uang tersebut sebagai alat pembayaran. Harga bitcoin mulai turun dengan tidak terkontrol sehingga semua altcoin juga langsung memerah.
Mengingat hal yang dilakukan El Salvador mungkin memiliki konsekuensi yang cukup tinggi.

El Salvador sendiri telah memasang lebih dari 200 mesin ATM yang bisa menukar dolar amerika dengan bitcoin.
Hal tersebut lantas menuai protes dari ibu kota San Salvador, karena masih kurang percaya untuk melakukan transaksi dengan bitcoin yang dinilai masih tidak stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *